📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Kapasitas Oli Mesin All New Toyota Avanza 1300 CC

kapasitas oli mesin avanza 1300

Mengetahui kapasitas oli mesin Avanza 1300 cc sangat penting untuk menjaga performa mobil dan mencegah kerusakan mesin. Artikel ini memberikan informasi tentang volume oli yang dibutuhkan dan jenis oli yang cocok.

Mesin All New Toyota Avanza 1300 CC memerlukan volume oli sebanyak 2,3 liter, atau 2,5 liter jika menggunakan filter oli. Oli dengan viskositas 5W-30, 5W-40, atau 10W-40 cocok untuk Avanza G 1300 CC.

Oli yang kurang ataupun kelebihan oli dapat menurunkan performa mobil. Pada beberapa kasus bahkan dapat merusak mesin.

Beberapa kerusakan akibat kekurangan ataupun kelebihan oli mobil antara lain adalah tenaga mobil yang berkurang.

Munculnya masalah seperti ngempos, nyendat, dan ngelitik. Selain itu, mobil juga beresiko mogok ketika RPM mencapai tinggi.

Oleh sebab fakta di atas, sangat penting untuk mengetahui volume oli Avanza 1300cc. Adapun faktanya

  • Mesin Avanza berkapasitas 1300 cc ternyata membutuhkan volume oli sebanyak 2,3 Liter.
  • Namun jika anda menggunakan filter oli, maka kebutuhan olinya meningkat menjadi 2,5 liter.

Nah, hal berikutnya yang perlu anda ketahui adalah apa oli yang cocok untuk Avanza G 1300 CC. Ternyata oli yang cocok adalah oli yang memiliki viskositas sebagai berikut:

  • 5W-30
  • 5W-40
  • dan 10W-40

Baca Juga : Ini Aturan Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Oli mobil

Interval Penggantian Oli Mesin Toyota Avanza 1300 CC

Interval penggantian oli mesin pada Toyota Avanza 1300 CC idealnya dilakukan setiap 5.000 km atau 6 bulan sekali, mana yang tercapai terlebih dahulu.

Namun, interval ini dapat berubah tergantung pada kondisi jalan dan gaya mengemudi. Berikut beberapa faktor yang dapat mempersingkat interval penggantian oli:

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  • Sering beroperasi di jalan macet
  • Sering membawa muatan berat
  • Sering mengemudi dengan kecepatan tinggi
  • Kondisi jalan yang berdebu dan kotor

Tips: Selalu periksa buku manual kendaraan untuk mengetahui rekomendasi interval penggantian oli yang tepat untuk Toyota Avanza 1300 CC Anda.

Cara Mengetahui Oli Mesin Toyota Avanza 1300 CC Habis atau Perlu Ditambahkan

Berikut beberapa cara untuk mengetahui apakah oli mesin pada Toyota Avanza 1300 CC telah habis atau perlu ditambahkan:

Periksa indikator oli di dashboard: Jika indikator oli berwarna merah atau menyala, maka oli mesin perlu segera ditambahkan atau diganti.

  • Periksa dipstick oli: Dipstick oli terdapat pada mesin. Tarik dipstick dan bersihkan dengan kain, kemudian masukkan kembali ke dalam lubang oli. Tarik kembali dipstick dan perhatikan ketinggian oli.
  • Jika ketinggian oli berada di bawah garis “MIN”, maka oli mesin perlu ditambahkan.
  • Perhatikan warna oli: Oli mesin yang masih bagus berwarna kuning bening. Jika oli mesin berwarna coklat tua atau hitam, maka oli mesin perlu diganti.
  • Perhatikan performa mesin: Jika mesin terasa kasar, berisik, atau kurang bertenaga, maka oli mesin mungkin perlu diganti.

Tips: Sebaiknya periksa oli mesin secara rutin, minimal setiap 1 minggu sekali.

Efek Penggunaan Oli Mesin yang Tidak Sesuai Viskositas pada Toyota Avanza 1300 CC
Penggunaan oli mesin dengan viskositas yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan dapat menyebabkan beberapa efek negatif pada Toyota Avanza 1300 CC, antara lain:

  • Kerusakan mesin: Oli mesin dengan viskositas yang terlalu kental dapat menyumbat saluran oli dan menyebabkan mesin overheat. Oli mesin dengan viskositas yang terlalu encer tidak dapat memberikan perlindungan yang cukup pada mesin dan menyebabkan keausan.
  • Penurunan performa mesin: Oli mesin dengan viskositas yang tidak sesuai dapat menyebabkan mesin kurang bertenaga dan konsumsi bahan bakar menurun
  • Peningkatan emisi gas buang: Oli mesin dengan viskositas yang tidak sesuai dapat menyebabkan emisi gas buang meningkat.

Tips: Selalu gunakan oli mesin yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan untuk menjaga performa dan ketahanan mesin Toyota Avanza 1300 CC Anda.

Pastikan Kapasitas Oli Mesin Avanza 1300 CC Anda di Dokter Mobil

Dokter Mobil memberikan layanan ganti kapasitas oli mesin avanza 1300 dan untuk berbagai jenis mobil. Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Dokter Mobil, di antaranya:

  • Pengerjaan dilakukan oleh teknisi-teknisi profesional
  • Menggunakan peralatan dan mesin berteknologi canggih
  • Volume oli yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan mesin mobil
  • Pilihan oli mobil yang cocok dengan jenis mobil anda

Di Bengkel Dokter Mobil pengerjaan untuk ganti oli dilakukan dengan mesin berteknologi canggih sehingga oli lama 100 persen dibuang dari mesin. Mesin jadi bersih layaknya seperti baru. Performa meningkat hingga 100%.

Selain itu, oli Dokter Mobil merupakan oli terbaik untuk Avanza sehingga dapat memperpanjang usia mesin.

Jika anda ingin memastikan kapasitas oli mesin Avanza 1300 cc terisi dengan pass, silahkan reservasi layanan di Dokter Mobil dengan menghubungi Dokter Mobil via WhatsApp di 0877-7776-0597 (atau hubungi di sini).

Itulah beberapa informasi tambahan yang bisa kami berikan seputar volume dan kapasitas oli mesin Avanza 1300 cc. Jika anda memiliki pertanyaan ataupun komentar tambahan, silahkan kirimkan melalui kolom komentar dibawah ini. Terimakasih.

 

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form