📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Kijang Kapsul Biar Performa Stabil Begini Merawatnya

Kijang Kapsul

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Hingga kini kijang kapsul menjadi kendaraan dengan banyak penggemar dari berbagai kalangan karena memiliki beberapa keunggulan. Hanya saja, meskipun begitu ada masalah yang sering muncul karena faktor-faktor misalnya kurangnya perawatan, faktor usia, dan komponen penyusunnya tidak berfungsi sepenuhnya misalnya disebabkan oleh munculnya karatan.

Permasalah yang Sering Muncul pada Kijang Kapsul

Kijang Kapsul

Kijang Kapsul masih menyita perhatian masyarakat terutama pecinta mobil dengan desain klasik namun performanya bisa bersaing dengan kendaraan masa kini. Meski pada dasarnya ada banyak keunggulan di baliknya, namun tidak menutup kemungkinan timbulnya masalah kesehatannya baik dari segi mesin ataupun pelengkapnya. Berikut akan dijelaskan beberapa diantaranya:

  1. AC Mengalami Penurunan Kinerjanya

Saat usia Kijang Kapsul sudah mulai menua, masalah paling umum terjadi adalah penurunan kinerja AC. Penyebabnya bukan karena kurangnya kadar freon melainkan adanya kebocoran freon dari kompresor. Solusi terbaiknya adalah dengan melakukan perawatan secara berkala pada penyedia jasa terpercaya salah satunya adalah dokter Mobil Cirebon.

Kebocoran pada AC sendiri bukan hanya mengurangi tingkat kenyamanan saat mobil digunakan menempuh perjalanan, namun juga munculnya ancaman masalah kesehatan. Faktornya adalah freon yang cenderung tidak terlihat dan tanpa bau akan terhirup oleh penumpang di dalamnya kemudian lambat laun muncul dalam bentuk penyakit atau alergi.

  1. Mesin Kurang Optimal

Sebenarnya Kijang Kapsul merupakan salah satu kendaraan yang cukup awet dan tahan lama dalam hal mesinnya. Setidaknya performanya bisa tetap baik dalam jangka waktu sekitar 15 tahun, apalagi jika diimbangi dengan perawatan secara maksimal. Misalnya saja dengan mencucinya secara berkala atau setelah terkena air hujan dan genangan kotor.

Setelah penggunaan lebih dari 15 tahun dikabarkan jenis mobil ini sering mengalami masalah. Jika kmu berminat membelinya dalam kondisi second, coba cek pada suara mesin dan engine mounting. Tada jika komponen tersebut minta diganti adalah muncul getaran di dalam kabin. Akibatnya mengurangi tingkat kenyamanan saat digunakan untuk perjalanan jauh.

  1. Muncul Bunyi-bunyian Tidak Biasa Saat Digunakan

Masalah yang sering muncul pada mobil berusia tua adalah munculnya suara-suara tidak biasa saat digunakan dan cenderung berisik. Bukan hanya kenyamanan menjadi terganggu, namun tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan bahaya. Perawatan serta pengecekan kondisi seluruh komponen di dalam mesin menjadi langkah tepat untuk menghindari munculnya masalah besar.

Bunyi-bunyian yang muncul bisa saja bersumber dari pembakaran liquid pada mesin dengan konsentrasi terlalu tinggi akibat panas berlebihan. Dampaknya sangat terasa pada performanya yang cenderung menurun.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Kijang Kapsul akan berjalan perlahan meskipun dipacu menggunakan kecepatan tinggi. Sebaiknya hindari kemungkinan buruk dengan memeriksakannya pada dokter mobil berpengalaman.

  1. Berkarat pada Beberapa Bagian

Ada banyak faktor mengapa karat bisa muncul di mobil yaitu mulai dari terlalu sering terkena hujan, jarang dicuci, dan banyaknya kotoran menempel. Meski tidak terlalu terlihat, namun efek kedepannya dapat memunculkan berbagai masalah berat. Karatan sendiri akan membuat besi lama-kelamaan menipis dan pada akhirnya keropos.

Baca Juga : Rekomendasi Jenis dan tipe Oli Mobil Matic Beserta Harganya

Karatan merupakan masalah umum yang sering muncul pada mobil, untuk menanganinya adalah dengan memberikan lapisan anti karat. Selain itu biasanya pada bagian abing akan memunculkan suara berdecit atau berisik. Akibatnya, tingkat kenyamanan menjadi berkurang secara drastis dan membuat perjalanan terganggu.

Cara Menangani Masalah yang Muncul pada Kijang Kapsul

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, Kijang Kapsul memiliki beberapa masalah yang biasanya terjadi. Bagi para penggunanya tentu sangat penting mengetahui apa saja cara penanganannya agar nantinya dapat melakukan tindak pencegahan paling tepat. Pada poin-poin ini akan dijelaskan beberapa diantaranya:

  1. Perawatan Sistem Pendingin

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, AC pada Kijang Kapsul akan mengalami penurunan setelah mencapai usia tertentu karena beberapa faktor termasuk kurang optimalnya perawatan.

Akibatnya udara sekitar tidak begitu sejuk bahan dalam beberapa kondisi justru memanas. Dampak buruk lainnya yaitu cairan kondensasi mengalir pada cepal-celah yang tidak seharusnya.

Kebocoran penyebab umumnya adalah terdapat sumbatan pada saluran pembuangan baik disebabkan oleh debu atau benda lainnya. Pembersihan perlu dilakukan secara teliti dan detail untuk mengoptimalkan kembali kinerjanya. Jangan lupa mengisi ulang cairan freon secara berkala untuk mendapatkan suhu dingin lebih baik.

  1. Perawatan Mesin

Komponen yang tidak boleh terlewatkan saat menjalankan perawatan adalah bagian mesin. Sebab sederhananya, mesin sendiri merupakan otak dari mobil sehingga apabila terjadi masalah maka akan berpengaruh pada sistem kinerja lainnya. Hal inilah alasan mengapa penting menjalankan pemeriksaan ke dokter mobil secara rutin.

Cara perawatan mesin sendiri tidak boleh sembarangan dan harus dilakukan oleh tenaga ahli guna menghindari adanya efek buruk kedepannya. Dokter mobil Cirebon, bisa menjadi pilihan utamanya karena memberikan layanan berupa free general check up. Dengan begitu kamu bisa menghemat pengeluaran secara signifikan.

  1. Pengecekan Sistem Rem

Rem merupakan komponen pada mobil yang memiliki peran penting terutamanya dalam pencegahan terjadinya kecelakaan. Saat akan bepergian jaun, perhatikan keoptimalan fungsinya sebab bekalangan banyak muncull kasusu tabrakan karena rem blong. Pengecekan bisa kamu lakukan dengan menggunakan jasa dokter mobil.

Saat ini memang sudah sangat banyak penyedia jasa dokter mobil, namun sebelum memilihnya enting mengetahui kualitas serta sistem kerjanya. Salah satu paling direkomendasikan adalah dokter mobil Cirebon. Menariknya bukan hanya dari kalangan masyarakat biasa yang telah menggunakan jasanya melainkan juga dari jajaran para artis Indonesia.

  1. Penggantian Kampas Kopling

Kopling memiliki peran penting yakni untuk menghubungkan antara mesin dengan penggerak roda. Berdasarkan tugas pentingnya ini, tentunya jika sering digunakan akan lebih cepat aus. Penggantian dapat menjadi solusi terbaiknya, namun kamu perlu bantuan tenaga ahli dalam bidangnya sebab memang tidak bisa dilakukan oleh orang yang belum berpengalaman.

Penggunaan kampas kopling paling disarankan dengan jangka waktu 4-5 tahun, lebih dari itu pastikan menggantinya dengan yang baru. Hindari membiarkan aus terlalu lama tanpa melakukan penggantian, karena sangat beresiko terhadap keselamatan saat berkendara.

  1. Penggantian Oli Mesin

Setiap 6 bulan sekali, sebaiknya kamu mengganti oli pada kendaraan untuk mengoptimalkan sistem kerja dari mesin. Pilih produk paling disarankan untuk masing-masing brand karena setiap jenisnya memiliki kecenderungan tersendiri. Jika ragu bisa menanyakan langsung ke dokter mobil terdekat dari lokasi tempat tinggal atau secara online.

Baca Juga : Dokter Mobil Pilihan Tepat Meningkatkan Kenyamanan Selama Berkendara

Kijang Kapsul merupakan salah satu produk yang sudah cukup lama menyentuh pasar Indonesia. Dari segi mesin, tampilan serta fitur-fiturnya hampir seluruhnya masih dipertahankan pada versi lamanya. Meskipun demikian peminatnya cukup banyak, hanya saja memang perlu melakukan perawatan ekstra jika ingin mendapatkan performa terbaiknya.

Demikian penjelasan terkait dengan permasalah yang sering muncul pada Kijang Kapsul dan cara menanganinya paling tepat. Produk desain lama memang perlu perawatan lebih ekstra supaya bisa mendapatkan performa tinggi. Perlu diketahui, sebaiknya pilih penyedia jasa terpercaya salah satunya adalah dokter mobil Cirebon.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *