📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

9 Faktor Penyebab AC Mobil Rusak

9 Faktor Penyebab AC Mobil Rusak

Penyebab AC mobil rusak kini menjadi salah satu informasi yang dibutuhkan oleh kalangan masyarakat, khususnya pemilik kendaraan roda empat. Komponen AC mobil begitu esensial bagi para pengguna mobil sebab hal ini menjadi ‘penyokong’ dari kenyamanan saat berkendara.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara lengkap dan jelas mengenai macam-macam penyebab AC mobil rusak. Sedangkan, untuk Anda yang penasaran apa saja penyebab AC mobil rusak bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Faktor Penyebab AC Mobil Rusak

AC mobil yang rusak ini bisa disebabkan, karena beberapa hal. Untuk 9 masalah penyebab AC mobil rusak yang biasanya dialami oleh para pemilik mobil adalah:

  1. Terputusnya Sekring

Sekring mobil mempunyai fungsi untuk meneruskan atau mengalirkan arus listrik ke komponen kompresor. Ketika sekring putus, maka akan menyebabkan arus listrik mengalir ke kompresor terputus.

Arus listrik yang terputus, kemudian mengakibatkan semburan freon ke sistem dan membuat AC terhenti. Pada akhirnya, komponen AC tidak bisa mengeluarkan udara dingin sama sekali.

  1. Oli Kompresor Habis

Oli kompresor mempunyai fungsi untuk memberikan pelumas pada bantalan komponen AC yangs aling bergesekan. Selain itu, oli kompresor jangan sampai kehabisan karena bisa membuat komponen di sekitarnya menjadi terganggu. Bahkan, dengan oli kompresor habis ini juga bisa memberikan tekanan tinggi untuk menghembuskan udara dingin ke dalam kabin mobil.

  1. Komponen Seal Bocor

Seal adalah pelapis yang berbentuk karet. Ketika selama ini sudah mengalami retak atau sobek, maka timbul kebocoran pada komponen tersebut. Efeknya adalah tekanan di komponen kompresor untuk menyebutkan gas freon ini menuju ke sistem AC menjadi lemah. Bahkan, dengan masalah tersebut bisa membuat AC mobil tidak terasa dingin.

  1. Pulley dan Pressure Plate Mengalami Kerusakan

Penyebab AC mobil rusak selanjutnya adalah pulley dan pressure plate mengalami kerusakan. Tanpa disadari untuk pulley dan pressure plate yang rusak ini bisa memberikan pengaruh terhadap kinerja kompresor.

Jika keduanya mengalami kerusakan atau aus, maka putaran mesin kompresor tidak bisa berjalan secara maksimal. Selain itu, dengan adanya penyebab AC mobil rusak juga bisa menghasilkan bunyi berisik karena mengalami gesekan di saat AC mobil sedang dihidupkan.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Fan atau Kipas AC Mati

Fan AC atau radiator yang lemah dan mati ini bisa menyebabkan tekanan pada freon menjadi berlebihan atau istilahnya overheat. Overheat yang terjadi ini bisa menyebabkan tekanan gas freon menjadi panas. Sehingga sangat rentan sekali mengalami kebocoran dan bunyi kasar atau ngorok.

Baca Juga: Mengatasi Bunyi Ngorok Kompresor AC Mobil

  1. Jumlah Gas Freon yang Terlalu Sedikit

Kompresor AC yang mengeluarkan banyak tenaga untuk memompa gas freon ke seluruh sistem AC mobil ini bisa menjadi salah satu penyebab penyebab AC mobil rusak. Lama-lama kondisi kompresor akan rusak, karena dipaksa bekerja kerjas. Selain itu, jumlah gas freon yang sedikit ini juga menjadi salah satu penyebab AC mobil rusak .

  1. Terlalu Banyak Freon

Sama hal nya, ketika freon yang terlalu banyak ini bisa membuat kompresor AC menjadi cepat aus.

  1. Terjadi Kebuntuan

Kebuntuan pada kompresor AC mobil ini bisa saja terjadi akibat aliran sirkulasi freon terhambat. Kasus seperti ini bisa membuat kompresor menjadi rusak, karena terus menerus dipaksa untuk melakukan pompa freon yang sirkulasinya menjadi terhambat.

  1. Usia Pemakaian

Ada baiknya, untuk Anda mengerti usia pemakaian dari komponen atau spare parts AC. Untuk beberapa komponen AC yang perlu perhatian khusus adalah kondensor, evaporator, expansi valve, dryer dan masih banyak lainnya lagi.
Ketika sudah melewati batas usia pemakaian maksimum dan masih tetap terbukaan terpasang. Dikhawatirkan bisa membuat kinerja dari keseluruhan sistem AC ini tidak berjalan secara optimal.

Penyebab AC Mobil Rusak dan Tidak Bisa Berputar

Penyebab AC Mobil Rusak dan Tidak Bisa Berputar

Selain AC yang mati total atau rusak, maka Anda harus tetap waspada. Ketika dibiarkan secara terus menerus, maka Anda harus siap menahan rasa panas selama mengendarai mobil. Ada beberapa tanda-tanda ac mobil tidak berputar, sebagai berikut:

  • Hembusan angin dari AC tidak kencang.
  • Udara di dalam kabin tidak dingin.
  • Pemutaran ac ke suhu tertinggi tidak menghasilkan efek apapun.

Ada juga beberapa tanda-tanda penyebab AC mobil rusak atau mati total, yaitu:

  1. Kondisi Freon yang Tidak Sehat

Ada banyak tanda-tanda yang membuat freon tidak bisa bekerja dengan baik dan salah satunya adalah freon mengalami beku, tersumbat dan masih banyak lainnya lagi. Padahal, untuk freon sendiri berfungsi untuk memberikan udara dingin ke bagian kabin mobil. Solusi yang bisa dilakukan untuk mengembalikan udara dingin ke bagian dalam kabin mobil adalah:

Mengecek dimana letak kebocoran pada sistem AC.

  • Melakukan pengisian ulang oli di freon dan di dalam sistem AC.
  • Mengganti freon lama dengan yang baru.
  1. Kompresor Kehilangan Tekanan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kompresor mempunyai fungsi untuk menyalurkan udara dingin ke bagian evaporator. Sehingga, evaporator bisa menghembuskan udara dingin ke bagian kabin. Di saat kompresor kehilangan tekanan alis tidak bisa bekerja, suhu udara di dalam kabin mobil terasa panas.

Baca Juga: Penyebab Masalah AC Mobil Angin Panas dan Cara Mengatasinya

  1. Sekring Mobil Putus

Penyebab AC mobil rusak terarkhia adalah sekring putusa. Sekring sendiri mempunyai fungsi untuk memberikan aliran listrik ke bagian mesin mobil. Putusnya sekring ini bisa menyebabkan aliran arus listrik juga ikutan terputus.
Alhasil kipas pada komponen AC ini tidak bisa berputar dan suhu udara di dalam mobil tidak dingin. Selain itu, putusnya sekring biasanya disebabkan karena overheating atau korsleting.

Penutup

Nah, itulah dia penjelasan lengkap dan jelas mengenai penyebab AC mobil rusak. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas bisa memberikan informasi kepada Anda yang ingin mendapatkan kabin mobil dingin.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/