New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Penyebab Tenaga Mesin Mobil Ngempos yang Harus Diketahui

Salah satu kendala seperti tenaga mesin mobil ngempos saat berada ditengah-tengah perjalanan merupakan hal yang sangat menyebalkan. Mungkin Kamu akan bertanya mengapa itu bisa terjadi pada mobil kesayangan? Kamu berada ditempat yang tepat, karena tulisan ini akan membahas penyebab permasalahan mobil ngempos atau brebet.

Penyebab Tenaga Mesin Mobil Ngempos

Pada dasarnya, masalah mobil ngempos biasanya terjadi dikarenakan adanya kesalahan pada komponen mesin, terutama yang berhubungan sistem pengapian.

Lalu apa saja penyebabnya?  Simak ulasan berikut ini.

  • Mesin mobil mengalami overheating

Permasalahan pertama merupakan penyebab yang paling sering ditemui, yakni mesin mobil yang mengalami overheating atau terlalu panas. Overheating ini bisa saja terjadi akibat sistem pendinginan yang tak bekerja dengan normal atau bahkan rusak. Hal ini juga mengakibatkan komponen-komponen metal yang ada pada mesin secara drastis mengalami pemuaian.

Umumnya, bagian silinder atau piston adalah komponen mesin mobil yang menjadi biang permasalahan. Jika komponen tersebut memuai, dapat dipastikan bahwa gesekan yang terjadi akan lebih besar antara bagian dinding dan piston. Pergesekan terlalu berat menyebabkan mobil kehilangan tenaga secara drastis atau bahkan membuat mesin mati ditengah jalan.

  • Filter udara mobil kotor

Filter udara mobil yang kotor juga bisa menjadi penyebab tenaga mesin ngempos. Kamu tentu sudah tahu bahwa fungsi filter ini adalah untuk menyaring udara supaya kotoran tidak mudah masuk. Dengan kata lain, filter udara bisa dikatakan sebagai penjaga mesin mobil.

Apabila komponen ini mengalami kendala atau rusak, tidak akan ada lagi komponen yang menyaring udara. Kotoran dan debu pun akan mudah masuk ke dalam ruang bakar bersamaan dengan udara.

Pada akhirnya, kotoran-kotoran tersebut terus menumpuk hingga terjadi penyumbatan yang berujung membuat mobil kesayangan kurang tenaga atau ngempos.

  • Sistem pengapian bermasalah

Sistem pengapian bisa dibilang sebagai salah satu sistem yang cukup vital pada semua kendaraan termasuk mobil. Sistem ini berhubungan erat dengan proses pembakaran yang terjadi di ruang bakar mobil. Sehingga jangan heran jika tenaga mobil Kamu berkurang atau ngempos bila terjadi kendala pada sistem pengapian.

Karena kebanyakan orang tidak mengerti masalah ini, maka sebaiknya Kamu tidak sembarangan untuk mengatasinya. Kamu dapat konsultasikan masalah yang dialami mobil ke bengkel-bengkel terdekat. Sebaiknya pilih bengkel dengan reputasi dan kualitas yang baik untuk hasil yang memuaskan.

  • Busi kotor

Dalam sistem pembakaran, busi juga memiliki peran yang cukup penting karena dapat mengeluarkan bunga api. Pasalnya, hasil akhir proses pembakaran sebagian besar dipengaruhi oleh kinerja dari busi. Bila busi mengalami masalah seperti kotor atau bahkan rusak, maka pembakaran tidak akan berlangsung sempurna. Parahnya, hal ini bisa menyebabkan mobil Kamu kehilangan tenaga atau ngempos.

Oleh sebab itu, Kamu dituntut untuk memastikan kondisi busi tetap terjaga dan bersih. Bila busi terlanjur rusak, maka solusi terbaiknya adalah menggantinya dengan yang baru. Sedikit tips, pilihlah produk busi yang memenuhi standar atau rekomendasi pabrikan.

Itulah beberapa penyebab tenaga mesin mobil ngempos yang harus Kamu ketahui. Dengan mengetahui akar permasalahan yang terjadi, tentu Kamu akan lebih mudah dalam memperbaikinya. Setidaknya Kamu sedikit paham bagian mana yang harus diperhatikan saat tenaga mesin menjadi ngempos. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi pemilik kendaraan yang mengalami kendala serupa. 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!