📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

5 Ciri Shockbreaker Hidup Atau Berfungsi Dengan Baik

5 Ciri Shockbreaker Hidup Atau Berfungsi Dengan Baik

Shockbreaker adalah salah satu komponen penting dalam kendaraan yang bertugas untuk menyerap kejutan dari jalan.

Namun, tidak semua shockbreaker bisa diandalkan dalam menjamin kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Ada beberapa ciri shockbreaker hidup yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah shockbreaker hidup atau berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ciri shockbreaker hidup atau berfungsi dengan baik agar dapat melakukan perawatan secara tepat dan memperpanjang umur shockbreaker.

Dalam artikel ini, kami akan membahas lima ciri utama yang dapat membantu Anda menentukan apakah shockbreaker mobil Anda masih dalam kondisi baik atau perlu diganti.

5 Ciri Shockbreaker Hidup Pada Mobil

Shockbreaker adalah salah satu komponen penting pada mobil yang berfungsi untuk menyerap goncangan saat mobil melintasi jalan yang bergelombang atau berlubang.

Penting untuk memastikan bahwa shockbreaker mobil berfungsi dengan baik agar mobil dapat berjalan dengan baik dan aman.

Berikut adalah 5 ciri shockbreaker hidup atau berfungsi dengan baik pada mobil:

1. Tidak ada suara yang berisik saat mobil melintasi jalan yang bergelombang atau berlubang.

Ciri shockbreaker hidup yang pertama adalah shockbreaker yang berfungsi dengan baik tidak akan menimbulkan suara berisik saat mobil melewati jalan yang bergelombang atau berlubang.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Jika Anda mendengar suara yang aneh saat mobil Anda melewati jalan yang bergelombang atau berlubang, kemungkinan besar shockbreaker mobil Anda perlu diperiksa.

Suara berisik dapat menandakan bahwa shockbreaker sudah aus atau rusak, sehingga tidak dapat menyerap goncangan dengan baik.

2. Mobil tidak bergoyang saat melakukan pengereman atau belokan tajam.

Shockbreaker yang berfungsi dengan baik akan membuat mobil tetap stabil saat melakukan pengereman atau belokan tajam.

Jika Anda merasa mobil Anda bergoyang saat melakukan pengereman atau belokan tajam, kemungkinan besar shockbreaker mobil Anda sudah aus atau rusak.

Hal ini dapat menyebabkan mobil tidak dapat dikendalikan dengan baik dan membahayakan keselamatan Anda dan pengguna jalan lainnya.

3. Tidak ada tanda-tanda kebocoran pada shockbreaker.

Ciri shockbreaker hidup selanjutnya yaitu shockbreaker yang berfungsi dengan baik tidak akan mengalami kebocoran.

Jika Anda melihat tanda-tanda kebocoran pada shockbreaker mobil Anda, seperti cairan atau oli yang bocor, kemungkinan besar shockbreaker sudah rusak dan perlu segera diperbaiki atau diganti.

Kebocoran pada shockbreaker dapat mengurangi efektivitasnya dalam menyerap goncangan, sehingga dapat mempengaruhi kinerja keseluruhan mobil.

4. Mobil tidak terlalu bergoyang saat melewati jalan yang bergelombang atau berlubang.

Shockbreaker yang berfungsi dengan baik akan membuat mobil tetap stabil saat melewati jalan yang bergelombang atau berlubang.

Jika Anda merasa mobil Anda terlalu bergoyang saat melewati jalan yang bergelombang atau berlubang, kemungkinan besar shockbreaker mobil Anda sudah aus atau rusak.

Hal ini dapat menyebabkan mobil tidak nyaman saat dikendarai dan dapat mempengaruhi kinerja keseluruhan mobil.

5. Ban mobil tidak aus secara tidak merata.

Ciri shockbreaker hidup yang terakhir yaitu shockbreaker yang berfungsi dengan baik dapat meminimalkan gesekan antara ban dan jalan.

Jika shockbreaker rusak atau aus, ban mobil dapat aus secara tidak merata, terutama pada bagian tepi ban.

Hal ini dapat mempengaruhi kinerja keseluruhan mobil dan memperpendek masa pakai ban mobil.

BACA JUGA: 8 Ciri Shockbreaker Mati dan Rusak, Kenali Sebelum Terlambat!

Kesimpulan singkat, penting untuk memeriksa kondisi shockbreaker mobil secara berkala untuk memastikan mobil dapat berjalan dengan baik dan aman di jalan raya.

Jika Anda mengalami salah satu ciri shockbreaker hidup di atas, segera periksa kondisi shockbreaker mobil Anda dan jika ditemukan kerusakan atau aus pada shockbreaker mobil.

Segera perbaiki atau ganti dengan yang baru untuk menjaga kinerja keseluruhan mobil dan meningkatkan keselamatan saat berkendara.

Memperhatikan kondisi shockbreaker juga dapat meminimalkan risiko kerusakan pada bagian mobil lainnya, sehingga dapat menghemat biaya perbaikan di masa depan.

Bagaimanakah Cara Mendeteksi Kerusakan Pada Shockbreaker?

Mendeteksi kerusakan pada shockbreaker sangat penting untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan saat berkendara.

Ada beberapa cara untuk mendeteksi kerusakan pada shockbreaker, seperti:

  1. Perhatikan suara saat mobil melewati jalan yang bergelombang atau berlubang. Jika Anda mendengar suara yang berisik, kemungkinan besar shockbreaker sudah rusak atau aus.
  2. Uji coba saat melakukan pengereman atau belokan tajam. Jika mobil Anda bergoyang atau tidak stabil, kemungkinan besar shockbreaker sudah aus atau rusak.
  3. Periksa kondisi shockbreaker secara visual. Jika terlihat tanda-tanda kebocoran atau kerusakan fisik lainnya pada shockbreaker, segera perbaiki atau ganti dengan yang baru.
  4. Perhatikan juga jika ban mobil aus secara tidak merata, hal ini dapat menandakan kerusakan pada shockbreaker.

Selain mengetahui ciri shockbreaker hidup, mengetahui cara mendeteksi kerusakan pada shockbreaker dapat membantu Anda memperbaiki atau mengganti shockbreaker dengan tepat waktu sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah.

Dengan menjaga kondisi shockbreaker mobil Anda, Anda dapat memastikan bahwa mobil selalu berjalan dengan baik dan aman di jalan raya.

Sebagai tambahan, menjaga shockbreaker agar selalu berfungsi dengan baik juga dapat meningkatkan kenyamanan dan kinerja keseluruhan mobil, seperti yang telah dijelaskan pada ciri shockbreaker hidup.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi shockbreaker secara berkala untuk menjaga kinerja dan keselamatan mobil Anda.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form