New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Cara Servis Mobil yang Baik dan Benar

Cara servis mobil yang baik dan benar harus diperhatikan agar mobil tidak rewel karena kondisi mesin dirawat agar tetap awet. Kurangnya perawatan oleh pemilik merupakan awal dari kerusakan mobil.

Cara Servis Mobil

cara servis mobil

Banyak kasus kecelakaan yang tidak jarang akibat kelalaian pengendara yang tidak menjaga dan merawat mesin mobil mereka, seperti oli mesin, kopling, rem blong,  suspensi, aki dan sebagainya. Berikut ini merupakan keseluruhan servis mobil yang perlu dilakukan agar mesin tetap prima dan komponen menjadi awet.

  • Ganti Oli Mesin

Selain untuk melumasi ,oli mesin juga berfungsi sebagai pendingin, jadi pastikan anda mengganti Oli mesin secara berkala berjarak 4000-5000 km dan pastikan oli tidak kurang atau lebih.

  • Pemeriksaan Aki atau Baterai

Perawatan secara berkala terminal aki dan waspadai terhadap korosi, periksa air aki, sebab jika air kurang akan memperpendek usia aki, kecuali aki kering. Aki yang bagus akan membuat sistem kelistrikan menjadi stabil, umur aki berkisar 2 hingga 3 tahun.

  • Pemeriksaan Suspensi

Suspensi berfungsi sebagai peredam getaran yang ditimbulkan oleh permukaan jalan yang tidak rata, jadi semakin bagus keadaan suspensi maka anda dapat berkendara dengan nyaman. Selalu periksa secara berkala, jika kendaraan Anda mulai tidak nyaman, bawalah ke bengkel untuk diperiksa.

  • Pemeriksaan Ban

Periksa tekanan ban secara berkala, ban yang kempes membuat stir menjadi berat dan ban yang tekanan berlebih membuat kendali stir tidak stabil. Jika ban sudah aus segera ganti atau jika terjadi keausan yang tidak rata, lakukan spooring dan balancing.

  • Minyak Pelumas dan Radiator

Periksa minyak power steering dan minyak rem serta periksa air radiator di tangki reservoir. Kedua hal ini sangat penting untuk menjaga ketahanan dan performa mesin saat digunakan berjalan terutama jika rutin setiap hari.

  • Lampu

Pastikan lampu depan dan belakang bekerja untuk kenyamanan Anda dalam berkendara, segera ganti lampu bila terjadi kerusakan.

  • Wiper

Wiper berfungsi menjaga kaca mobil tetap bersih sehingga tidak menghalangi pandangan, periksa karet wiper dan air washer. Bila sudah rusak segera ganti dengan yang baru.

Memiliki kendaraan mobil seharusnya mendapatkan perhatian khusus agar kondisi mesin tetap prima dan awet. Tentunya lebih baik menjaga daripada harus mengganti komponen yang mahal bila rusak berat. Semoga dengan merawat mobil secara berkala akan membuat membuat performa mobil dalam keadaan baik.

cara servis mobil terlengkap

Nah, itulah ulasan terkait Cara Servis Mobil yang Baik dan Benar. Semoga bermanfaat untuk Sobat DomoLovers yaa, dan jangan lupa dipraktekkan juga ! GoodLuck

Butuh Jasa Bengkel Mobil Terdekat?

Dokter Mobil adalah Solusi Tepat Untuk Anda !

Tunggu apalagi? Yuk segera hubungi kami. Dapatkan pengalaman pelayanan service berkualitas dan jaminan garansi hanya untukmu, DomoLovers..

Tidak perlu takut mengenai biaya cara servis mobil di Dokter Mobil karena estimasi biaya servis dapat diperlihatkan di muka sebelum melakukan service. Selain itu beberapa cara servis mobil di Dokter Mobil bersifat free alias GRATIS.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5212

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Latest Posts

Bingung Check Up Beli Mobil Bekas? Dokter Mobil adalah Solusinya
Menyimpan Hand Sanitizer Gel di Mobil, Bolehkah?
Daya Tarik Hyundai Palisade Terhadap Pecinta Mobil Indonesia
8 Alasan Anda Harus Menggunakan Produk Anti Limbung Mobil di Dokter Mobil
Ciri Kipas Radiator Lemah Yang Mulai Terjadi Pada Mobil Anda