📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Berbagai Penyebab Kompresor AC Mobil Mati Tapi Kipas Hidup

Berbagai Penyebab Kompresor AC Mobil Mati Tapi Kipas Hidup

Masalah AC mobil bisa terjadi dengan gejala yang sangat beragam, salah satunya adalah kompresor AC mobil mati tapi kipas hidup. Karena sejatinya kompresor juga harus hidup saat kipas hidup, apa yang menyebabkan kompresor AC mobil mati tapi kipas hidup? Ingin cari tahu penyebabnya saat masalah ini terjadi di AC mobil Anda? Cari tahu jawabannya dengan simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Penyebab Kompresor AC Mobil Mati Tapi Kipas Hidup

AC mobil adalah salah satu perlengkapan yang sangat penting di musim panas. Namun, masalah yang sering terjadi adalah ketika kompresor AC mobil mati tapi kipas hidup. Untuk membantu Anda memahami apa yang menyebabkan masalah ini, berikut adalah daftar beberapa penyebab kompresor AC mobil mati tapi kipas hidup.

  1. Kondensor Kotor

Kondensor berfungsi untuk mendinginkan gas refrigerant di dalam sistem AC mobil. Jika kondensor kotor, maka gas refrigerant tidak dapat didinginkan dengan baik sehingga tekanan di dalam sistem akan menurun. Tekanan rendah ini akan menyebabkan kompresor AC mobil untuk mati, sementara kipas masih tetap hidup.Solusinya adalah membersihkan kondensor secara teratur. Kondensor yang kotor dapat dengan mudah membersihkannya dengan semprotan udara atau air bertekanan rendah.

  1. Kipas Rusak

Jika kipas tidak berfungsi dengan baik, maka sistem pendingin udara mobil tidak akan dapat bekerja dengan efektif. Kipas yang rusak atau tidak berfungsi sama sekali dapat menyebabkan penurunan tekanan dalam sistem AC, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kompresor AC mobil mati.Solusinya adalah memperbaiki atau mengganti kipas yang rusak. Pastikan untuk memeriksa kabel dan sambungan kipas secara teratur.

  1. Kompresor Rusak

Kompresor merupakan bagian terpenting dari sistem pendingin udara mobil. Kompresor bertanggung jawab untuk menekan gas refrigerant dan mengalirkannya ke sistem. Jika kompresor rusak, maka gas refrigerant tidak akan dapat menekan dan mengalir dengan baik sehingga tekanan dalam sistem akan menurun dan menyebabkan kompresor AC mobil mati. Solusinya adalah mengganti kompresor yang rusak. Pastikan untuk memilih kompresor yang tepat untuk mobil Anda dan meminta bantuan profesional jika diperlukan.

  1. Refrigerant Tidak Cukup

Refrigerant adalah zat pendingin yang digunakan dalam sistem pendingin udara mobil. Jika refrigerant tidak mencukupi, maka tekanan dalam sistem akan menurun dan menyebabkan kompresor AC mobil mati.Solusinya adalah menambahkan refrigerant yang sesuai untuk mobil Anda. Namun, pastikan untuk mengetahui jumlah refrigerant yang tepat untuk mobil Anda agar tidak menambahkan terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Baca Juga: 5 Ciri AC Mobil Kurang Freon

  1. Sirkuit Listrik Rusak

Sirkuit listrik yang rusak atau bermasalah juga dapat menyebabkan kompresor AC mobil mati tapi kipas hidup. Ini dapat terjadi karena arus listrik tidak dapat mengalir dengan baik dalam sistem.Solusinya adalah memeriksa sirkuit listrik secara teratur dan memastikan semua kabel dan sambungan dalam kondisi baik. Jika ada kerusakan, segera perbaiki atau ganti sirkuit listrik yang rusak.

Kompresor AC mobil mati tapi kipas hidup bisa disebabkan oleh beberapa masalah dalam sistem pendingin udara mobil. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa sistem AC mobil secara teratur dan melakukan pemeliharaan yang tepat.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

merk ban innova reborn

Rekomendasi Merk Ban Innova Reborn!

Kamu sedang bingung mencari rekomendasi merk ban Innova Reborn yang berkualitas? Ulasan kali ini khusus untuk kamu yang sedang mencari ban terbaik yang dapat kamu gunakan!

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!