📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Matikan AC Mobil Bikin Mesin Lebih Bertenaga, Benarkah?

Matikan AC Mobil Bikin Mesin Lebih Bertenaga, Benarkah

Beberapa tahun belakangan, untuk mobil-mobil keluaran terbaru memang banyak yang telah dilengkapi dengan fitur kenyamanan tambahan yang tidak hanya menyejukkan tetapi juga membuat perjalanan panjang Anda bersama keluarga menjadi lebih nyaman.

Melalui Air Conditioner atau yang lebih mudah disingkat dengan nama AC ini kan menjadi komponen terpenting dalam mobil untuk menyeimbangkan suhu yang ada.

Bahkan dengan pendingin tambahan ini akan suasana kabin mobil akan jauh lebih melegakan, terlebih pada saat cuaca panas.

Di luar dari semua keunggulan dari penggunaan AC, sudahkah Anda tahu jika kerap kali penggunaan Air Conditioner atau pendingin mobil ini menjadi penyebab dari lemotnya tenaga mesin mobil.

Terlebih lagi jika dipergunakan terus menerus, dalam beberapa kondisi bahkan AC sengaja dimatikan untuk membuat mesin mobil berjalan dengan maksimal.

Terutama ketika mobil melewati jalanan menanjak, pasti membutuhkan gas lebih besar. Namun apakah benar, ada kaitannya antara matikan AC mobil bikin mesin lebih bertenaga?

Performa Mesin Mobil

Memanah dalam memutuskan untuk menggunakan mobil, hal paling penting yang perlu dilakukan adalah mengenal dengan baik setiap komponen dan mesin yang menjadi sumber tenaga mobil.

Karena perlu diketahui, jika memang mengetahui kapasitas mesin akan membuat kinerja mobil bergerak cukup signifikan, terlebih jika pemudi mengemudikan mobil dengan kapasitas CC yang kecil.

Tentunya perlakuan dengan mobil CC besar akan sangat berbeda akan berdampak pada matikan ac mobil bikin mesin lebih bertenaga.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Permasalahan kinerja mesin mobil yang terganggu akibat kapasitas tenaga yang terlalu kecil, dianggap sebagai penyebab secara tidak langsung.

Sistem yang bekerja untuk menghidupkan AC mobil berasal dari komponen kompresor AC yang digerakkan oleh belt dan terputar oleh kinerja mesin.

Oleh karena itu sistem yang bekerja pada AC sedikit banyak akan mengambil tenaga dari mesin ini untuk menggerakkan kompresornya. Inilah salah satu penyebab dari kejadian AC mempengaruhi kinerja mesin.

Tambahan Tenaga Mesin

Tambahan Tenaga Mesin Ditenggarai Menjadikan Matikan AC Mobil Bikin Mesin Lebih Bertenaga Adalah Akurat

Melihat proses kompresor AC yang dapat mempengaruhi kondisi mesin pada mobil dengan CC rendah, memperlihatkan bahwa untuk menggerakkan komponen dengan optimal, salah satunya dengan AC maka perlu adanya tambah tenaga.

Memang jika tenaga yang ada dalam mobil ini sudah ada ketentuannya, namun usaha yang dilakukan adalah dengan pengorbanan satu pihak.

Jika memang mobil mengalami kesulitan dalam melalui jalan tanjakan yang membuatnya sulit bergerak, maka dapat diatasi dengan mematikan AC mobil sebagaimana matikan AC mobil bikin mesin lebih bertenaga.

Namun jika Anda mengalami perubahan tenaga bahkan setelah AC dimatikan, maka Anda perlu membawa mobil ke dalam bengkel untuk dilakukan pengecekan.

Karena tenaga mobil memang menjadi poin terpenting yang akan mempengaruhi lama perjalanan Anda.

Terlebih jika Anda hendak melakukan perjalanan jauh, pastinya performa mesin dan tenaga mesin yang optimal akan menjadi pertimbangan utama Anda matikan AC mobil bikin mesin lebih bertenaga.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Performa Mobil Agar Irit dan Bertenaga

Pembagian Tenaga

Mesin yang telah berjalan pastinya menggerakkan banyak komponen penyusun mobil, tidak hanya mesin yang berjalan untuk menjalan mobil, namun juga beberapa fitur tambahan yang dimiliki mobil Anda.

Hal ini akan bermasalah begitu mesin penggeraknya berkapasitas tenaga yang sangat kecil, bahkan untuk menghidupkan beberapa fitur tambahan tidak mencukupi.

Sebagai contoh pada proses kerja kompresor AC yang bahkan dapat menyerap 10% dari tenaga mesin pada mobil CC rendah.

Oleh karena itu, perubahan tenaga dalam mesin mobil akan sangat terasa perbedaanya. Dapat dibayangkan dengan banyak fitur atau tambahan mobil, pastinya akan membuat tenaga dari mesin ini terkuras sedikit demi sedikit.

Untuk mengembalikan tenaga dalam mesin kembali utuh maka perlu adanya opsi dan memberlakuan pembagian tenaga dengan baik sesuai dengan anjuran yang ada, salah satunya dengan mematikan AC untuk memberikan tenaga pada komponen mesin lainnya.

Apakah Berlaku untuk Mobil Bertenaga Besar?

Apakah Matikan AC Mobil Bikin Mesin Lebih Bertenaga Juga Berlaku untuk Mobil Bertenaga Besar

Mungkin beberapa dari Anda menanyakan mengenai kapasitas dari mobil yang lebih besar, apakah juga akan diberlakukan kondisi serupa?

Jawabannya adalah belum tentu, kemungkinan besar tidak. Terlebih untuk beberapa mobil-mobil keluaran terbaru, pastinya kapasitas mesin pendukungnya cukup tinggi.

Tidak hanya untuk AC banyak komponen mobil yang dipakai didalam mobil, yang pastinya akan menambah pengeluaran tenaga dan membuat mesin bekerja lebih keras untuk memberikan tenaga penuh menggerakkan semua komponen.

Mobil dengan mesin bertenaga besar tidak akan berpengaruh hanya dengan penggunaan AC saja.

Bahkan dalam beberapa mobil besar seperti SUV untuk penggunaan AC hanya menghabiskan sekurangnya 3% dari total tenaga yang dihasilkan oleh mesin mobil.

Untuk itu bagi Anda yang menggunakan mobil serupa tidak perlu meragukan atau khawatir jika nantinya mesin tenaga mobil akan terkuras dengan adanya penggunaan beberapa fitur pendukung mobil ini.

Bagaimana dengan Mobil Berteknologi Canggih?

Jika membicarakan mengenai fitur mobil tidak jauh dari keberadaan mesin dengan teknologi canggih yang memberikan kesempatan dan kemudahan dalam semua berkendaraan.

Kendaraan modern pada umumnya memang menggunakan sistem komputer canggih dalam segala kondisi.

Kendaraan modern pastinya menggunakan teknologi yang telah memiliki program dan algoritma tersendiri dalam menyesuaikan dengan kondisi berkendara yang aktual berdasarkan data dan sensor dalam kendaraan.

Hal yang perlu untuk dipertanyakan adalah mengenai kondisi dari kendaraan yang telah bermodalkan teknologi ini, apakah juga berpengaruh pada penggunaan AC dan perlu matikan ac mobil bikin mesin lebih bertenaga.

Mungkin sebagian mobil telah memperkirakan tingkat kebutuhan tenaga yang akan dikeluarkan dalam setiap perjalannya.

Perusahaan dalam membuat banyak fitur pastinya telah merasakan tingkat kebutuhan penggunanya sejauh apa, jika memang banyak maka perlu teknologi yang lebih banyak kembali, berbeda dengan mobil lama tanpa teknologi matikan ac mobil bikin mesin lebih bertenaga.

Mobil Transmisi Otomatis Juga Merasakan Serupa?

Kebanyakan mobil dengan tenaga atau CC minim berasal dari mobil transmisi manual yang sudah lama dibuat.

Tenaga mesin memang dibuat minim karena memang kebutuhan tenaga dan fitur yang diberikan tidak sebanyak pada mobil keluaran terbaru dengan puluhan fitur teknologi canggih yang menyertainya.

Inilah yang pertimbangan penambahan dari tenaga CC mobil untuk memudahkan fitur canggih dapat berjalan dengan dengan optimal.

Misalnya pada mobil dengan transmisi mobil otomatis akan membuat pengemudi mengetahui waktu yang tepat dalam memindahkan tuas transmisi nya ke posisi 2 atau pada posisi L.

Memang pada posisi 2 dan L ini diberlakukan untuk menambah sejumlah teknologi ekstra sewaktu mobil dilakukan dalam berkendara dalam bukit yang curam atau kondisi jalanan curam yang membutuhkan keseimbangan, tenaga, gas, dan pengereman mesin yang baik.

Ini banyak berlaku pada jalanan curam menurun yang dapat membahayakan pengemudi.

Mobil Otomatis Lebih Mudah Pengoperasiannya

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, jika pada penambahan tenaga pada mobil otomatis akan jauh  lebih mudah dibandingkan dengan mobil tenaga manual.

Ini dikarenakan memang penggantian tuas yang jauh lebih mudah. Sedangkan pada pengoperasian mobil transmisi manual jauh lebih beresiko.

Karena harus memperhatikan keseimbangan sebelum melakukan pedal gas dan kopling pada pemindahan gigi pada ke posisi yang lebih rendah.

Baca Juga: 5 Tanda Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi dan Solusinya

Inilah yang menjadi salah satu penyebab perlunya matikan ac mobil bikin mesin lebih bertenaga supaya bisa melalui medan medan sulit selama perjalanan.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/