📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Bedah Fakta Mobil Diesel Tahan Banjir Dibandingkan Mobil Bensin

Bedah Fakta Mobil Diesel Tahan Banjir Dibandingkan Mobil Bensin

Mengingat kemarin (Kamis,29/02/2024) sejumlah daerah di Jakarta dilanda banjir bandang, banyak yang bilang jika mobil diesel tahan banjir. Benarkah demikian?

Di tengah seringnya banjir yang melanda, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, muncul perbincangan di kalangan masyarakat tentang jenis mobil mana yang lebih mampu menghadapi tantangan ini.

Salah satu topik yang sering muncul adalah anggapan bahwa mobil diesel tahan banjir dibandingkan dengan mobil bensin.

Ko Lung-lung dari Dokter Mobil, memberikan pencerahan mengenai topik ini melalui video yang dipublikasikan di platform YouTube Dokter Mobil Indonesia.

Membedah Klaim Kekuatan Mobil Diesel Tahan Banjir

Ko Lung-lung kemudian menjelaskan bahwa ada kebenaran sekaligus kesalahpahaman dalam klaim mobil diesel tahan banjir tersebut.

Menurutnya, kemampuan sebuah mobil untuk menerjang banjir tidak semata-mata ditentukan oleh jenis bahan bakarnya, melainkan oleh kondisi sistem elektrikal dan intake udara mobil tersebut.

“Biasanya, mobil itu mati karena Electrical-nya kerendam air, atau sekring box nya kerendam air, atau ECU nya kerendam air,” katanya, menunjukkan bahwa kerentanan terhadap kerusakan akibat banjir lebih banyak berkaitan dengan seberapa baik komponen-komponen elektrikal mobil terlindungi dari air.

Mitos Diesel Lama vs. Realita Diesel Modern

Salah satu poin penting yang dibahas oleh Ko Lung-lung adalah perbedaan signifikan antara mobil diesel generasi lama dan generasi baru.

Mobil diesel lama, yang menggunakan sistem pompa bertenaga mekanik atau yang dikenal dengan istilah ‘Boost Pump’, tidak bergantung pada komponen elektrikal untuk proses pembakarannya.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Ini berarti, selama jalur udara masuk ke mesin tidak terkontaminasi air, mobil tersebut bisa terus berjalan meskipun terendam banjir.

“Itu memang bener, dia akan lebih kuat selama jalur udara masuknya, itu tidak kemasukan air,” jelas Ko Lung-lung, menambahkan bahwa mobil diesel lama seperti Panther versi lama yang masih menggunakan Boost Pump memiliki kelebihan ini.

Namun, kondisi berbeda terjadi pada mobil diesel dengan teknologi modern, seperti sistem common rail.

Sistem ini memerlukan kontrol elektronik untuk mengatur injeksi bahan bakar, yang berarti lebih rentan terhadap air.

“Nah, tapi Diesel jaman sekarang kan Common Rail semua. Common rail itu berarti kan di program oleh si ECU untuk nyembur di Injektornya. Nah, itu juga sebenernya kalo kena air juga tetep akan konslet,” ungkap Ko Lung-lung, menjelaskan bahwa mobil diesel modern sebenarnya tidak lebih kuat dalam menghadapi banjir jika dibandingkan dengan mobil bensin atau BBG dalam aspek perlindungan komponen elektrikalnya.

Apa yang Membuat Mobil Diesel Tahan Banjir?

Dari penjelasan Ko Lung-lung, dapat dipahami bahwa kemampuan sebuah kendaraan untuk menerjang banjir lebih banyak ditentukan oleh desain dan perlindungan komponen-komponen kritisnya terhadap air, bukan oleh jenis bahan bakar yang digunakan.

Mobil dengan desain intake udara yang lebih tinggi dan sistem elektrikal yang lebih terlindungi cenderung memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menghadapi banjir.

Ini adalah faktor penting yang sering terlewat dalam diskusi umum tentang topik ini.

Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan faktor keselamatan dan kerusakan jangka panjang yang mungkin terjadi pada kendaraan akibat menerjang banjir.

Meskipun sebuah kendaraan mungkin bisa melintasi banjir dengan selamat pada saat itu, paparan berkepanjangan terhadap air bisa menyebabkan korosi dan kerusakan pada komponen-komponen vital, yang pada akhirnya mempengaruhi umur kendaraan dan keamanannya.

Kita mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang apa yang sebenarnya mempengaruhi kemampuan sebuah mobil dalam menghadapi banjir.

Bukan semata jenis bahan bakar yang digunakan, melainkan desain dan perlindungan terhadap komponen vital yang menjadi kunci.

Informasi ini membantu mencerahkan masyarakat tentang pentingnya memahami spesifikasi teknis kendaraan mereka dan tidak semata-mata mengandalkan mitos atau anggapan umum.

Jangan lupa untuk jaga juga kondisi pembakaran di ruang mesin setelah mobil terkena banjir dengan service tune up Jet Clean di Dokter Mobil.

Tune up Jet Clean adalah jenis service tune up mobil spesial dari Dokter Mobil yang bisa membersihkan seluruh komponen mesin yang terhubung dengan proses pembakaran di mesin, mulai dari busi sampai catalytic converter.

Dengan dibersihkan menggunakan formula cairan chemical secara masif dan anti korosif, tune up Jet Clean akan memastikan komponen ruang bakar lebih bersih, pengapian/pembakaran di ruang mesin lebih optimal, dan performa mobil selalu maksimal.

Tertarik untuk coba tune up Jet Clean sekarang?

Anda bisa langsung hubungi dan kunjungi beberapa cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi Anda di bawah ini:

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Pegangsaan Dua

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Jl Raya Pondok Betung No. 18, RT. 06, RW. 02, Bintaro sektor 3 arah sektor 4 Kel. Pondok Karya, Kec. Pondok Aren, Bintaro, Tangerang Selatan, 15225

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form