📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Tanda-tanda Mobil Perlu Dibawa ke Bengkel Tune Up

Tanda-tanda Mobil Perlu Dibawa ke Bengkel Tune Up

Seringkali masalah mobil terlanjur parah dan harus menelan biaya lebih besar, kira-kira apa tanda-tanda mobil perlu dibawa ke bengkel tune up, ya? Artikel ini ada jawabannya!

Tune up merupakan servis keseluruhan pada mobil yang bertujuan untuk mengembalikan tenaga mesin agar sesuai dengan standarnya.

Servis ini adalah servis penting sebuah mobil sebelum servis lainnya. Servis tune up sebaiknya dilakukan secara berkala agar mobil nyaman dan aman dikendarai.

Tanda-tanda mobil perlu dibawa ke bengkel tune

5 Tanda-tanda Mobil Perlu Dibawa ke Bengkel Tune Up

Saat mobil membutuhkan perawatan, biasanya ada tanda-tanda mobil perlu dibawa ke bengkel tune up yang bisa diidentifikasi. Nah, mobil Anda harus melakukan tune up pada kondisi berikut:

  1. Servis 5.000 Km

Sama seperti penggantian oli, tune up juga merupakan salah satu aspek penting yang harus Anda pertimbangkan dalam menjalani rutinitas perawatan mobil Anda.

Tune up bukanlah sekadar rutinitas biasa, melainkan suatu langkah yang sebaiknya dijalankan setiap kali monbil Anda telah menempuh jarak 5.000 kilometer.

Proses ini tidak hanya sekadar mengganti komponen tertentu, melainkan juga melibatkan serangkaian tindakan yang bertujuan untuk menyelaraskan dan mengoptimalkan berbagai fungsi mesin kendaraan Anda.

Tune up bukanlah tindakan sembarangan, sebab memainkan peran penting dalam menjaga kondisi kendaraan Anda agar tetap dalam performa terbaiknya.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Ketika Anda melakukan tune up, teknisi yang berpengalaman akan memeriksa berbagai aspek kunci dari kendaraan Anda.

Ini termasuk penggantian busi yang sudah aus, penyesuaian karburator, pemeriksaan sistem pengapian, serta pengecekan komponen lain yang berpengaruh pada kinerja mesin.

  1. Suara Mesin Kasar

Jika mobil Anda menghasilkan suara yang terdengar seperti gemerung saat pertama kali dinyalakan atau ketika sedang dalam perjalanan, ini bisa jadi tanda-tanda mobil perlu dibawa ke bengkel tune up.

Tindakan yang sebaiknya Anda lakukan adalah segera mengunjungi bengkel yang merupakan tempat langganan Anda untuk melakukan tune up.

Penting untuk diingat bahwa perlu sesuai dengan spesifikasi mesin mobil Anda. Menunda perbaikan ini dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius pada mesin Anda seiring berjalannya waktu.

Suara gemerung yang terdengar dari mesin mobil Anda adalah tanda bahwa ada sesuatu yang perlu diperhatikan. Ini mungkin disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk komponen mesin yang aus atau perlu disesuaikan.

Tune up adalah prosedur yang dapat membantu mengidentifikasi dan mengatasi masalah ini.

Saat Anda membawa mobil Anda ke bengkel yang kompeten dan berpengalaman, teknisi akan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap mesin untuk menentukan akar masalahnya.

Baca Juga: Suara Mesin Mobil Kasar Setelah Ganti Oli, Kok Bisa?

  1. Mobil Sulit Di-starter

Ketika mobil Anda mengalami kesulitan saat di-starter, perlu diwaspadai kemungkinan ini adalah tanda-tanda mobil perlu dibawa ke bengkel tune up.

Saat kondisi ini terjadi, tindakan yang perlu Anda pertimbangkan adalah melakukan tune up guna mengembalikan mobil ke kondisi normalnya.

Kesulitan dalam memulai mesin dapat menjadi tanda bahwa beberapa aspek dalam sistem mesin Anda memerlukan perhatian lebih lanjut.

Saat mobil mengalami kendala dalam proses starter, itu bisa menjadi indikasi beberapa masalah yang mungkin terjadi dan jadi tanda-tanda mobil perlu dibawa ke bengkel tune up.

Tune up adalah langkah yang diperlukan untuk memeriksa, menilai, dan memperbaiki berbagai komponen yang mempengaruhi kinerja mesin.

Ini termasuk pemeriksaan komponen seperti busi, karburator, sistem pengapian, dan komponen lain yang mungkin terlibat dalam proses starter.

Tanda-tanda mobil perlu dibawa ke bengkel tune

  1. Mobil Bergetar

Tidak hanya kekurangan prosedur balancing atau spooring, tetapi juga tanda-tanda mobil perlu dibawa ke bengkel tune up dapat menjadi penyebab terjadinya getaran pada mobil Anda.

Penting untuk memastikan bahwa servis ini dilakukan secara teratur, karena getaran yang terjadi mungkin disebabkan oleh kurangnya tune up yang telah dilakukan pada kendaraan Anda.

Proses tune up bukan hanya sekadar menghilangkan getaran, melainkan juga memastikan kinerja mesin mobil Anda berada pada kondisi yang optimal.

Getaran pada mobil sebagai tanda-tanda mobil perlu dibawa ke bengkel tune up dapat terjadi karena berbagai alasan, dan salah satu di antaranya adalah ketidakseimbangan pada roda atau suspensi yang tidak sesuai.

Namun, servis tune up juga memiliki peran yang signifikan dalam mengatasi masalah ini.

Saat Anda melakukan tune up, teknisi yang berpengalaman akan memeriksa berbagai komponen mesin dan sistem lainnya yang dapat berkontribusi terhadap getaran yang tidak diinginkan.

Ini mencakup pengecekan busi, sistem pengapian, karburator, dan komponen-komponen lain yang mempengaruhi kinerja mesin.

  1. Performa Gas Melambat

Ketika performa mesin mobil melambat, ini bisa menjadi tanda-tanda mobil perlu dibawa ke bengkel tune up.

Situasi seperti ini tentu bisa menjadi pengalaman yang tidak mengenakkan, mengingat kemungkinan tarikan mesin yang melambat, yang dapat membuat kendaraan sulit untuk diberdayakan.

Namun, sangat penting untuk diingat bahwa perubahan dalam performa mesin ini adalah indikator bahwa ada sesuatu yang perlu diperhatikan dan diperbaiki.

Performa mesin yang lambat karena tanda-tanda mobil perlu dibawa ke bengkel tune up dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk komponen mesin yang aus atau perlu disesuaikan.

Dalam servis tune up, teknisi yang berpengalaman akan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap berbagai aspek mesin kendaraan Anda.

Hal ini mencakup pemeriksaan busi yang mungkin sudah aus, penyesuaian karburator, pemeriksaan sistem pengapian, dan pengecekan komponen lain yang berdampak pada kinerja mesin.

Urutan Pengerjaan Tune-Up

Setelah mesin diperiksa kerusakannya, pekerjaan tune up bisa dimulai.

Meskipun Anda menyerahkan pekerjaan pada bengkel, sebaiknya Anda tahu dasar pengerjaan tune up pun harus berurutan.

Hal ini bertujuan agar tidak terjadi pengulangan pekerjaan karena servis komponen tertentu akan berpengaruh terhadap komponen yang lain.

  1. Saringan Udara
  2. Platina
  3. Kabel Busi
  4. Tutup Distributor
  5. Accu
  6. Busi
  7. Celah Katup
  8. Positive Crank Case Ventilation (PCV)

Seusai mobil Anda di tune up sampai selesai dan mesin akan dihidupkan, sebaiknya perhatikan lagi seluruh komponen mesin sudah terpasang di tempatnya dengan benar atau belum.

Bila semua komponen telah terpasang dengan benar, coba hidupkan mesin pada putaran stasioner beberapa menit.

Selama mesin berputar stasioner, dengarkan bunyi mesin, naikkan putaran mesin perlahan-lahan sambil masih perhatikan bunyi mesin, getaran, hingga asap knalpotnya.

Jika sudah yakin tidak terdapat masalah atau ada yang tidak normal pada mesin, berarti tune up telah selesai.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form